Senin, 10 Desember 2012

PEDOMAN DOA DARI BUNGA MARIA SELAMA MISA KUDUS



Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Allah Yang Maha Kuasa, karena berkat petunjuk dan bimbingNya jualah, maka dalam usiaku yang sudah 67 tahun Yaitu diamana pada tanggal 8 Juli 2012, saya dan istri mendapat kiriman Buku Doa dari Bapak Jonki Direktur  PT. Stella Kwarta Tour dari Jakarta, yang ternyata salah satu doa yang terdapat dalam buku tersebut, adalah PESAN BUNDA MARIA TENTANG TATA CARA  BERDOA SELAMA MISA KUDUS.            
Dimana setelah membaca dengan saksama, isi buku tersebut, ternyata caraku BERDOA dalam Misa Kudus selama ini kurang sesuai dengan kehendak  Bunda Maria.
Sekalipun saya pernah menjadi  putera altar, koster,  menjadi ketua kring dan bahkan menjadi  Ketua  Dewan Paroki, serta mengikuti beberapa aktifitas gereja lainnya.
Namun belum pernah saya menemukan petunjuk yang tepat bagaimana seharusnya berdoa pada Misa Kudus, terkecuali setelah  membaca BUKU DOA mengenai petunjuk BUNDA MARIA tersebut. Oleh sebab itu saya ingin membagi sekelumit pegalamanku ini,  yaitu dengan mneganjurkan kepada mereka yang memerlukannya untuk membaca Pedoman Doa dari BUNDA MARIA yang saya sadur berikut ini.
Sehingga dengan demikin mereka boleh mendapatkan rakhmat yang berlimphah, dari Tuhan kita Jesus Kristus.
 Terutama  bagi mereka yang  mengikuti perayaan Misa Kudus yang penuh dengan misteri itu.

Pontianak, 9 Desember 2012
Shallom dari aku Jacobus F. Layang habah  Allah yang hina dina.




Berikut adalah saduran tata cara  berdoa selama Misa Kudus berlangsung menurut Bunda Maria yang disampaikan kepada Catalina Lay Missionary Of the Eucharistis Heart of Jesus, sebagai berikut:
Pembukaan,
1. LITURGI TOBAT , dimulai dengan
+ Demi nama Bapak,dan Putera dan Roh  Kudus. Amin
   Bunda Maria minta anda berdoa
   sebagai bekirut:
 Ya Allah Bapak Yang Maha Pengasih aku  mohon ampun atas  segala kesalahanku yang telah menyakitiMu. Agar aku dapat secara layak turut ambil bagian dalam Misa Kudus yang istimewa ini, kirimkanlah Roh KudusMu untuk memberi  damai, dan menyucikan dosa-dosaku dengan menghapuskan segala kekhwatiranku.
 Oh Allah Bapak Yang Maha Kuasa dan Maha Tinggi berikanlah cintaMu kepadaku agar aku boleh mengalami mujizatMu dalam Perayaan Misa Kudus ini.Amin
  2. KEMULIAN, Bunda Maria berkata bahwa saat (lagu   dinyanyikan)  maka berdoalah sebagai berikut:
Allah Tri Tunggal Maha Kudus, sebagai makhluk ciptaanMu maka dengan segenap hati dan cintaku, aku   memuliakan Dikau sekarang dan selama-lamanya.Amin
3 LITURGI SABDA, Bunda Maria mengajak  anda berdoa sebagai beriku:
 Ya Allah hari ini aku ingin mendengarkan sabdaMu. Maka dari itu agar menghasilkan buah yang berlimpah, aku mohon semoga Roh Kudus berkenan menyucikan lubuk hatiku, supaya perkataanMu tumbuh dan semakin berkembang dihatiku.
Aku mohon sucikan hatiku sehingga aku dapat berkelakuan biak, karena Allah Bapak Yang Maha Kuasa aku disini untuk mendengarkan dan mengharapkan Tuhan Allah Bapak Yang Maha Agung mau berkata langsung dalam hatiku. Amin
4.     LITURGI  PERSEMABAHAN, Bunda Maria  meminta agar anda berdoa sebagai berikut:
Ya  Allah saya serahkan diriku, seluruh miliku, seluruh kemampuanku. Saya serahkan kedalam tanganmu. Kembang- kanlah ya Allah sedikit kurban yang ada padaku ini, bersama dengan kurban Puteramu.
Maka ubalah aku Allah Yang Maha Kuasa, karena dalam kehadiranku  dalam  Misa  Kudus ini  saya ingin berdoa untuk keluargaku, untuk mereka yang menolongku, untuk setiap anggota gereja, untuk mereka yang memusuhi- ku dan juga untuk mereka  yang menyombongkan diri. Ya Allah Bapak Yang Maha Pengasih  dan Penyayang ajarkanlah  kepadaku sikap rendah hati, untuk berdoa bagai mereka supaya perjalanan mereka tidak terlalu berat.
Ya Allah pada saat ini juga aku ingin menyerahkan diriku, semua penderitaaku, kepiluhanku, harapan dan kesedihanku, kebahagian dan permohonanku, dengan mengingat bahawa MISA  adalah memiliki nilai yang tidak tertandingi. Oleh karena itu dengan segala kesederhanaan, aku persambahkan diriku kepadaMu Ya Allah Bapak Yang Maha Pengasih dan Penyayang.
Karena aku tidak ingin membuat Malaikat Pelidungku bersedih,  oleh sebab itu aku minta ampun bagai para pendosa. Untuk perdamaian dunia, untuk keluarga dan tetangga, oleh karena itu aku juga memohon bantuan doa untuk diriku dan juga untuk orang lain .
Karena dengan mengingat bahwa persembahan yang diharapkan akan menyenangkan Allah Bapak, yaitu persemhan diriku yang telah disilih oleh Tuhan kami Jesus Kristus dengan   pengorbananNya, di kayu salib  sebagai persembahan  diri kami kepadaMu ya Allah Bapak.
Maka dengan kerendahan hati dan dosaku, bersama seluruh persembahan dan pegurbanan PuteraMu Tuhan kami Jesus Kristus. Semuanya aku serahkan kepadaMu ya Bapak Surgawi Yang Maha Suci dan Maha Pengampun. Amin.

5.     DOA SYUKUR AGUNG, Bunda Maria meminta anda memahami bahwa ketika umat berseru kudus-kudus akan hadir ribuan malaikat, maka andapun harus berseruh sebagai berikut:

Kudus-kudus, bersama para Kudus dan para Malaekat aku menyembah dan memuliahkan Dikau dengan sungguh-sungguh ya Allah Bapak Yang Maha Bijaksana, maka dengan menelungkupkan kedua tanganku, terimalah  salam hormatku ya Allah Bapak Yang bertakhta di dalam surga.
Ya  Bunda Maria yang turut menghadiri Misa Kudus, terimalah salam permohonan dan pujianku, bahwa Dikau yang diberi Kuasa yang tiada tara oleh PuteraMu, namun pada setiap Misa Kudus wahai  Dikau Bunda Perawan Maha Suci, justru merendahkan  diri dengan berlutut di belakang Imam, sebagai bukti penghormatanMu tehadap Ekaristi dimana bersemayam PuteraMu Jesus Kristus, yang telah memberikan kemuliaan kepada para Imam pada saat mereka mempersembahkan keajaiban  dalam Misa  melalui tangan-tangan para Imam, untuk memulaikanlah Allah selama-lamanya.
Ya  Allah Bapak Yang  Maha Kusa  lihat dikeliling alatarMu hadir pula  jiwa-jiwa mereka yang ada dalam penyucian, perkenankanlah  aku berdoa untuk mereka, dimana Bapak Yang Penuh Kuasa dan Kekal, karena kerahimanMu ya Allah Yang Maha Pengampun bebaskanlah mereka dari siksaan api  pencucian, melainkan terimalah mereka semua dipangkuanMu di Surga, selama-lamanya.
Ya Bunda Maria sesuai dengan permintaanMu agar semua  orang mengetahui bahwa hal  yang paling mulia adalah  berlutut dan menyembah Tuhan Allah Yang Maha Esa ditempat Yang Maha Tinggi.
(“Karena pada saat Imam megucapkan kata-kata dalam konsekrasi   dan mengangkat hosti terlihat ada cahaya yang sangat kuat, yang ternyata itu adalah Tuhan Jesus sendiri yang mendekap Imam dengan kasihNya. Oleh karena itu janganlah menduduk,  lihat  Jesus, renungkanlah dan pandanglah terus, dan ucapkanlah doa:”)
Ya Allah ya Tuhanku, aku meng-imani, aku mengagumi, aku percaya dan tetap mencintaiMu, maka aku mohon pengampunan  bagi mereka yang tidak mengimaniMu. Tidak mengagumi, tidak percaya dan tidak mencintaiMu, aku mohon pengampunan  dan  belas kasihan, karena begitu besar cintaku akan Dikau ia Raja dari segala Raja.Amin
6.     BAPAK KAMI, maka sesuai dengan perintah Tuhan Jesus, aku  berdoa:
Ya Allah Dari lubuk hatiku yang paling dalam bahwa aku ingat akan orang-orang yang telah menyakiti hidupku. Bahwa dalam nama Tuhan Jesus aku mengampuni kalian semua dan semoga damai Tuhan ada padamu. Dalam nama Tuhan Jesus aku minta maaf pada kalian semua dan kedamian ada padaku. Dan ampunilah kesalah kami, seperti kamipun mengampuni orang yang bersalah kepada kami. Amin.
7.     KOMUNI saat Imam membagikan komuni. Bunda Maria meminta kepada anda untuk berdoa bgi para Imam sebagai berikut:
Ya Tuhan berkatilah, kuduskanlah bantulah, sucikanlah, cintailah lindugilah dan semangatilah mereka di dalam cintaMu Ingtlah pada semua Imam diseluruh dunia, dan ampunilah semua salah dan dosa mereka, oleh karena itu bagi jiwa-jiwa mereka terimalah mereka di dalam pangkuanMu. Amin
(“Tuhan Jesus berkata bahwa ekaristi adalah kemesraan yang paling dalam dengan aku.
 Selama saat penuh kasih itu Aku membuat suatu tindakan terbaik dari  kegilaan yang dlihat manusia, membuat diriKU menjadi tawan dalam cintaKu Aku megadakan Ekaristi. Aku ingin terus tinggal bersamamu sampai akhir zaman karena cintaKu, maka Aku tidak dapat meninggalkanmu seperti seorang anak yatim piatu, karena kamu yang Aku cintai melebihi hidupKu”).
Terima kasih ya Allahku karena berkat jasa PuteraMu Jesus Kristus, yang tidak terhinggalah maka pada hari ini, aku masih dapat mengikuti Misa Kudus, yang selalu dihadadri oleh Bunda Maria, sebagai bukti kecintaanNya kepada kami umatMu ya Allah. Dimuliakan lah namaMu ya Tri Tunggal Kudus Allah Yang Maha Esa. Amin
8.     BERKAT DAN PENUTUP, (ketika Imam mulai memberikan berkat), Bunda Maria memperingatkan anda:
Sungguh  -sungguh  melakukan tanda salib, dengan mengingat bahwa seolah-olah ini adalah berkat yang terakhir tangan seorang Imam, yang  tangan-tangannya yang telah dikuduskan, yaitu  berkat dalam nama Tri Tunggal Yang  Maha Kudus. Amin.
Permintaan Bunda Maria agar anda: Jangan buru-buru pulang, tinggalah sebentar bersama..
Ku dan nimkatilah………?”
Aku ingin menyelamatkan ciptaanKu karena saat pintu surga di buka telah banyak penderita. Dan ingatlah bahwa tidak seorang ibupun yang memberi makan anaknya dengan tubuhnya sendiri, tetapi Aku telah melampaui cinta anak manusia yang paling sempurna dengan memberikan bukti kepada kamu semua.
Bahwa Ekaristi adalah diriKu sendiri dan pengurbananKu di kayu Salib. Tanda pengurbanan hidupKu dan darahKu, apa  yang kamu milki untuk datang kepada Bapak? Tidak ada apapun, hanya kesengsaraan dan kamu seharusnya menerima lebih besar rakhmat dari pada para malaikat, karena mereka tidak dapat menikmati kebahagian dengan menerimaKu, sebagai makanan seperti yang kamu terima.  Dimana mereka hanya minum setes air dari mata air, tetapi kamu mendapat kurunia lebih dari pada yang diterima para malaikat demi untuk menerimaKu.
 Demi nama Bapak dan Putera dan Roh Kudus. Amin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar